Cara Mengendalikan Stres Dengan Self-care

 


Stres pasti sering dialami oleh setiap orang, baik  anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun sering kali mengali stres ini. Hal ini biasanya diakibatkan karena kita terlalu menuntut diri untuk dapat melakukan  pekerjaan dan aktivitas dengan jumlah banyak. Tidak hanya itu permasalahan yang terjadi dihidup kita juga dapat menyebabkan stres baik dalam hal asmara maupun keluarga. Gejala yang sering kita ketemui ketika mulai merasa stres adalah kita mulai mudah marah terhadap hal-hal sepele, merasa gelisah, mudah frustasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran dan kerap berpikir negatif. 

Stres merupakan hal yang lumrah terjadi pada seseorang, namun stres dapat menjadi dampak negatif apabila terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Stres yang berkepanjangan dapat memicu anda terkena penyakit. Stres yang berlebihan akan berdamapak buruk terhadap kesehatan mental dan juga kesehatan fisik secara keseluruhan. 

Mungkin anda sering bertanya-tanya "kenapa sih stress dapat memicu terjadinya penyakit? ".  dikutip dari alodokter.com jawabannya adalah, stres bukan sekedar perasaan. Akan tetapi kondisi stres juga dapat memicu terjadinya beberapa reaksi, seperti tekanan darah rendah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan anda akan bernafas secara lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga dapat meluapkan energi secara percuma sehingga tubuh anda menjadi cepat lelah.

 Disini saya akan menjelaskan nih, bagaimana cara memanagement stress melalui self-care berdasarkan pengalaman saya ketika kondisi stres melanda diri saya. Self-care merupakan sebuah metode yang cocok untuk anda gunakan ketika stres, karena sudah terbukti keefektifitasnya. Berikut adalah cara yang sudah saya lakukan untuk memanajemen stres dengan menggunakan self-care.

1.  Rutin Berolahraga 


Dengan berolahraga secara teratur maka tingkat stres yang kita alami akan semakin berkurang karena olahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan memberikan perasaan yang positif dan bahagia ketika yang akan membantu anda melewati masa masa penuh tekanan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, anda dapat melakukan olahraga yang ringan dan tentunya dapat memberikan manfaat. Seperti halnya jogging, olahraga kardio yang dapat dilakukan dirumah, senam dan sebagainya. 

2.  Menjalani Hobi Yang Kita Senangi


Anda dapat melakukan kegiatan yang dapat menyalurkan hobi anda untuk mengurangi dan mencegah terjadinya stres dalam kehidupan sehari-hari, seperti berkebun, memasak, pergi ke mall, berbelanja, menonton film dan sebagainya yang dapat membuat pikiran anda menjadi rileks dan bahagia. Namun kegitan yang dilakukan harus positif sehingga tidak memunculkan sebuah masalah baru yang dapat menimbulkan stres untuk diri sendiri.

3.  Menghabiskan Waktu Dengan Orang Tersayang


Mungkin akan sulit rasanya untuk kita dapat meluangkan waktu bersosialisasi dengan orang yang kita sayangi ketika kita memiliki segudang tugas dan aktivitas setiap harinya. Berbicara dengan orang yang kita sayangi dan membangun hubungan yang dekat dengan mereka akan membantumu merasa terhubung.

Hal ini juga akan memuat kita merasa sadar bahwa kita dikelilingi oleh orang irang yang baik dan perduli terhadap diri kita serta setia mendengrkan keluhan kita kapanpun dan dimanapun berada. Dengan berkumpul dengan orang yang kita sayangi akan lebih meningkatkan rasa kepercayaan diri kita sehingga semangat kita akanbangkit kembali. Oleh karena itu kita harus mengatur waktu secara optimal agar dapat bersosialisasi dengan keluarga kita.

4.  Travelling 


Saat memasuki akhir pekan cobalah untuk bersantai dan melupakan sejenak segala aktivitas dan pekerjaan kita, supaya stres tidak melanda diri kita. Lakukan travelling kecil-kecilan saja, yang sekiranya tidak mengeluarkan biaya yang besar dan mahal. Kalian dapat pergi keluar kota dan menghubungi kerabat atau teman terdekaat sebagai tempat tujuan travellingmu. Dengan begitu, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk tempat menginap. Apabila tidak memungkinkan melakukan perjalanan keluar kota, kita bisa berwisata di kota tempat tinggal kita. Kalian dapat mengajak kerabat dan teman terdekat sehingga pikiran kita menjadi lebih fresh dan stres dapat terkurangi dengan aktivitas tersebut.

5.  Menonton Serial Drama


Menonton serial drama terbukti dapat merefleksikan pikiran dan otak kita dari segala jenis aktivitas kita. Dengan menonton serial drama kita akan terhibur karena alur cerita yang disajikan ringan dan mudah dimengerti. Menonton drama cocok untuk mengurangi stres yang terjadi pada diri anda, anda dapat menonton drama diselah selah pekerjaan anda sehingga stres dapat dicegah karena anda tidak melulu menghadapi segala pekerjaan. Serial drama yang bisa membangkitkan semangat kembali adalah serial drama komedi, percintaan dan action. 

Oleh karena itu usahakan disetiap waktu senggang anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang dapat membuat pikiran menjadi senang dan bahagia, salah satu caranya yaitu dengan menonton serial drama dengan begitu anda akan terhidar dari stres.


Komentar

  1. Wah menarik infonya. yang nomor 5 bener banget sih kak. apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, tidak memungkinkan untuk travelling kemana mana. Sehingga sewaktu saya suntuk dan banyak pikiran saya memilih menonton drama terutama drama bergenre comedy yang membuat saya ikut tertawa terbawa ceritanya. Dan itu cukup worth it untuk menghilangkan stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener banget kak ailsa saya juga sering menonton drama apalagi komedi hehehe sangat menghibur. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Wah, keren nih informasinya. Apalagi bagi saya kalau banyak tugas pasti stress dulu😂 tapi ujung"nya pasti enjoy sendiri. Karena saya melakukan dan mengendalikannya melalui hal-hal yang mimin sebutkan diatas, membantu sekali sih hal tersebut. Ditunggu update postingan selanjutnya min, semangat😁😁

    BalasHapus
  3. Wah menarik dan informatif sekali. Kalau menurut saya traveling sih obat paling manjur kalau lagi stres..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak meskipun cuma keliling kota saja tapi ampuh dan manjur banget untuk menghilangkan stress

      Hapus
  4. Bner banget nih min. Menghabiskan waktu bersama dengan orang tersayang gak harus melakukan sesuatu yg wow. Cukup ngobrol sambil minum teh biasanya stress langsung hilang min

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak ina, wah pasti kak ina sayang banget sama keluarganya. terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog saya

      Hapus
  5. wahh bener banget nih kak, emang susah banget ngendaliin stress, lama-lama bisa parah kalo emang belum tau sepenuhnya self care. dari informasi ini saya bisa dapet masukkan banget gimana cara self care yang baik buat ngilangin stress. emang bener-bener perlu banget sih info tentang selfcare. makasih kak atas infonya. semangat terus untuk postingan selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak, tetap jaga kesehatan agar tidak mudah stres. semangat!!!

      Hapus
  6. Terimakasih kakak sudah share mengenai self care.. membantu sekali ... kalo aku sih paling cocok nonton drama sama streaming mv kpop ya kak ^^

    BalasHapus
  7. bener banget ini min, kalo aku lagi capek gitu lebih suka buat jalan-jalan dan beli makan hehehe

    BalasHapus
  8. waw membantu sekali informasinya, akhir akhir ini kalo aku lagi stres biasanya main game sih.

    BalasHapus
  9. waw membantu sekali informasinya.

    BalasHapus
  10. Terimakasih kak, artikelnya informatif sekali, saya suka sekali poin nomer empat, tapi terkadang kantong tidak mendukung :))

    BalasHapus
  11. memang benar ya kalau stress itu cepat tua kak hehehe mending enjoy aja.. nice banget nih mending kita enjoy aja.. aku pernah mengalami overthinking parah itu malah gak baik kak dan ternyata pada suatu hari aku enjoy, main,nonton gitu sungguh happy hidup ini hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELF CARE EDUCATION

Konsep Self-Care Bisa Berbahaya!! Hah kok bisa??

Metode Self-care Yang Cocok Dilakukan Dalam Kegiatan Sehari-hari