Jenis Jenis Self-care



Topik yang kedua diblog saya akan membahas mengenai jenis jenis self-care yang dapat anda praktekkan kedalam aktivitas anda, dengan begitu anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat terutama bagi kesehatan fisik, mental dan juga emosi.

Self-care memiliki manfaat yang sangat besar agar kita dapat kualitas hidup kita dan juga menjauhkan dari berbagai macam kecemasan. Ada banyak cara untuk mulai menerapkannya namun sebelumnya harus terdapat komitmen agar bisa dilakukan secara berkelanjutan. Self-care memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, berikut akan saya jelaskan jenis jenis self-care :

1. Physical 
physical merupakan salah satu jenis self-care yang dilakukan dengan olahraga ringan dan peregangan sederhana dalam melakukannya. Apalagi jika anda bekerja pada suatu aktivitas yang mengharuskan anda untuk duduk berlama-lama didepan layar komputer, maka kegiatan ini sangat cocok untuk dilakukan. Selain dalam bentuk olahraga physical self-care juga dapat dilakukan dengan memakan makanan yang sehat, memiliki waktu tidur yang cukup dan juga dan menghindari rasa lelah yang berlebihan. Dengan adanya physical self-care ini maka anda dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

2. Emotional
Manajemen stres yang baik adalah ketika seseorang dapat menjalankan aktifitasnya tanpa adanya tekanan dan dapat tetap merasakan kebahagian dalam pelaksanaanya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memelihari kondisi emosional agar tidak mudah stres yaitu dengan cara membuat prioritas-prioritas emosi. Dimana, dalam setiap prioritas akan menjelaskan dan memilah hal-hal apa saja yang perlu untuk dipikirkan dan ditingkatkan, serta hal mana yang sebaiknya diabaikan karena dianggap tidak menguntungkan.

3. Sosial
jenis self-care yang berfungsi dalam memilih pergaulan atau teman yang dapat memberikan pengaruh positif, sehingga akan membuat anda lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pertemanan dalam dunia maya juga harus diperhatikan, karena dalam media sosial tidak hanya menimbulkan pengaruh positif saja, tetapi pengaruh negatif juga banyak tersebar melalui media sosial. Sehingga kita harus pandai-pandi dalam memilah dan menyebarkan kepada orang lain.

4. Spiritual
Merupakan jenis self-care yang bertujuan agar kita dapat lebih meningkatkan tingkat ketaqwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan meluangkan waktu untuk beribadah kepada Tuhan, akan membuat jiwa dan pikiran kita menjadi lebih tenang dan damai. Untuk itu anda perlu melakukan ibadah dengan khusuk, meditasi,yoga dan menyediakan waktu untuk berdiam diri agar bisa berdialog dengan Tuhan berdasarkan kepercayaan masing-masing.

5. Personal
Untuk dapat membangun sebuah self-care personal, maka anda harus bisa mengenali diri anda sendiri dengan baik agar dapat mencapai titik temu yang ideal. Menerima dan mencintai diri sendiri sangat diperlukan agar anda dapat menemukan sendiri fakta dan berharganya dirimu. Anda dapat memulai dengan cara mengembangkan hobi anda keika mendapatkan waktu luang serta memberikan hadiah pada diri sendiri atas apa yang sudah dicapainya.

6. Space
Untuk melakukan self-care jenis ini, dibutuhkan suasana yang tenang dan pemandangan rumah yang menyenangkan sehingga akan membantu membuat anda menjadi lebih rileks dengan suasana tersebut. Anda dapat melakukan hal-hal apa saja yang dapat membuat ruangan disekitarmu terasa lebih nyamn dan dapat dijadikan sebagai tempat yang tepat untuk kabur sejenak dari rutinitas sehari-hari.

7. Finansial
Tak ada yang bisa menyangkal bahwa finansial sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Kestabilan kondisi finansial akan membuat anda menjadi lebih tenang ketika menjalani hidup keseharian. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kestabilan finansial adalah dengan cara mengatur pengeluaran, menabung, dan mulai berinvestasi.

8. Work
Pada dasarnya setiap orang wajib untuk memiliki sebuah pekerjaan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai sekarang kita harus mengubah mindset dari bekerja keras ke bekerja cerdas. Karena dengan bekerja cerdas anda dapat mengatur time management, batasan proporsi kerja dan waktu untuk istirahat. Dengan begitu, pekerjaan tidak akan menyiksa dan kamu bisa melakukannya dengan tanpa beban dalam menjalankannya.





Komentar

  1. wahh bagus sekali topiknya, btw bagi2 info dong keuntungan apa sih yg bisa kita dapat kalo melakukan selfcare,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak atas sarannya, nanti akan saya posting keuntungan dari melakukan self-care atau perawatan diri. jadi jangan lupa untuk melihat blog saya ya atau bisa berlangganan :).

      Hapus
  2. Kak untuk self care yang jenis emosional gimana ya? Mungkin metode atau langkah langkahnya gitu kak, soalnya aku pengen bisa manajemen stres dengan ngontrol emosi. Terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya langkah langkah untuk bisa memanajemen stres dengan baik adalah dengan yang pertama mbak amanda bisa mengeluarkan unek unek dalam bentuk tulisan sehingga perasaan anda akan menjadi lebih tenang, kemudian yang kedua anda juga dapat berolahraga, dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih segar dan juga bisa menjadi solusi untuk meredakan stres kita, dan yang terakhir anda dapat menjalani hobi anda dengan melakukan kegiatan yang kita sukai dapat membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan stres pun bisa terkurangi. yang tentunya kegiatan tersebut harus bersifat positif kak agar tidak menimbulkan sebuah masalah baru yang dapat membuat kita stres lagi

      Hapus
  3. Wah info nya sangat bermanfaat. Kak untuk mengetahui self care yang dibutuhkan oleh diri kita itu gimana ya kak? Karena untuk menyusun kebutuhan diri itu terlalu banyak saya juga jadi bingung? Mohon pencerahannya kak. Makaseeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terima kasih kak atas pertanyaannya, jadi menurut saya caranya adalah dimulai dengan hal hal yang dapat meningkatkan kepercayaan diri kita seperti perawatan tubuh sehingga kita akan lebih percaya diri untuk melakukan berbagai jenis aktivitas kak seperti itu, kemudian kita bisa mengembangkan hobi kita karena dengan melakukan kegiatan yang kita senangi akan membuat pikiran kita menjadi lebih fresh karena secara langsung berhubungan dengan kegiatan yang tidak membuat kita bosan.

      Hapus
  4. Wah sangat bermanfaat sekali kak informasinya

    BalasHapus
  5. wih informasinya bermnafaat banget kak..btw gimana sih caranya yang dimaksud membuat proritas-prioritas emosi kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terima kasih kak sudah mampir di blog saya, next postingan akan saya jelaskan ya kak :)

      Hapus
  6. Halo kak, kalo yang care sama diri bukan kita sendiri mau siapa lagi yakan? berkomunikasi dengan diri sendirijuga merupakan salah satu bentuk self care aku nih kak, merasakan semua perasaan seneng, sedih, kecewa pelan pelan pasti berlalu ya kan?, hehe jadi curhat. Di tunggu postingan selanjutnya ya kaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget sih kak, memang benar kita harus peduli dengan diri kita sendiri, kalo bukan kita ya siapa lagi hehehe. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELF CARE EDUCATION

Konsep Self-Care Bisa Berbahaya!! Hah kok bisa??

Metode Self-care Yang Cocok Dilakukan Dalam Kegiatan Sehari-hari